Selasa, 31 Mei 2016

Transportasi Narita International Airport ke Tokyo (Public Transportation from Narita to Tokyo)


Pada tulisan ini saya akan membahas transportasi dari Narita ke Tokyo. Sebagai informasi untuk penerbangan ke Tokyo terdapat dua bandar udara yang melayani pesawat dari mancanegara yaitu Haneda dan Narita.

Beberapa moda transportasi ke Tokyo menjadi alternatif pilihan kita yang terdapat di Narita International Airport yaitu:
  1. Taxi
  2. Bus
  3. Kereta Api
Skema tranportasi dan estimasi waktu dari Narita/Haneda ke Tokyo

TAXI
Transportasi ke Tokyo dari Narita International Airport dengan menggunakan taxi menurut beberapa referensi sangat mahal mencapai 30,000 yen (eq. 3 juta rupiah), dan tentunya tidak menjadi pilihan budget traveler.

BUS
Transportasi menggunakan bus memiliki 2 pilihan yaitu:
  1. Limousine bus dengan harga tiket 2,800 - 3,100 yen dengan waktu tempuh 60 - 125 menit. Limosine bus dengan tarif lebih tinggi dari express bus karena menyediakan fasilitas mengantar sampai ke hotel tempat menginap.
  2. Express bus terdapat 2 operator: Keisei dan Heiwa Kotsu dengan harga tiket 900 - 1,000 yen dan waktu perjalanan 70 - 80 menit
Express Bus adalah transportasi Narita ke Tokyo yang paling ekonomis, tetapi dengan pertimbangan tiba di Tokyo diatas jam 18.00 dengan kemungkinan kepadatan/kemacetan lalulintas, kondisi cuaca dan suhu musim dingin yang belum dapat kami prediksi dimana kami baru pertama kali ke Jepang, maka kami putuskan menggunakan kereta.
  • Catatan: Penerbangan dengan Japan Airlines (JAL) pukul 06.45 WIB pagi dari Cengkareng  ke Narita memakan waktu 7,5 jam mendarat di Narita sekitar 16.30 waktu Jepang dan perjalanan Narita ke Tokyo membutuhkan kurang lebih 1,5 jam. Pada musim dingin matahari lebih cepat terbenam sehingga pukul 17.00 di Jepang sudah mulai gelap.
KERETA
Terdapat 2 pilihan kereta ke Tokyo dari Narita International Airport, yaitu:

Skema Kereta Narita Express vs Keisei
  • JR Narita Express, harga tiket 4000 yen (2,000 yen anak) untuk round trip (PP), dengan waktu 53 menit sampai Tokyo. Informasi lebih lanjut tentang JR Narita Express (click link tersebut).

N'EX provides direct access between Narita Airport and major urban stations such as Tokyo, Shinagawa, Shibuya, Shinjuku, Ikebukuro and Yokohama.
Skema rute station perhentian Narita Express ke Tokyo
  • Keisei Line, harga tiket dimana terdapat 3 pilihan kereta dengan harga tiket dan waktu tempuh yang berbeda-beda, yaitu:
Skema rute Keisei Skyliner, Access Exprees dan Main Line

Keisei Ticket Counter @ Narita Airport
    1. Skyliner Express, tiket 2,470 yen (dewasa) dan 1,240 yen (anak), waktu tempuh 41 menit ke stasiun UENO Tokyo.
    2. Kesei Access Express, harga tiket 1,240 yen (dewasa) dan 620 yen (anak)
    3. Kesei Main Line, harga tiket 1,030 yen (dewasa) dan 520 yen (anak)
Informasi lebih lanjut tentang Keisei Line (dengan click link tersebut).

tiket kereta Kesei Access Express

Kami putuskan naik Keisei Access Express keberangkatan pukul 17.26 dimana posisi stasiun Keisei Narita berada satu gedung dengan bandara dan tinggal turun tangga jalan saja.


Pintu masuk stasiun kereta Keisei & JR di Narita Airport

Selama perjalanan ke Tokyo kereta berhenti di beberapa stasiun dan perjalanan memakan waktu sekitar 80 menit. Kondisi kereta tidak penuh dan nyaman karena dilengkapi dengan penghangat yang berada di bawah tempat duduk, sehingga udara yang dingin tidak terasa. 

Keisei Access Express

Kereta tiba di stasiun Kesei Ueno sekitar pukul 18.00, dan perjalanan kami lanjutkan berpindah ke stasiun JR Ueno untuk naik Yamanote Line menuju stasiun Ikebukuro.

Tulisan tentang transportasi di Jepang untuk budget traveling akan saya lanjutkan pada tulisan berikutnya antara lain tentang ulasan dan cara membeli tiket kereta JR Tokyo Wide Pass, tiket Tokyo Metro Pass untuk naik kereta subway selama 3 hari, dan Tobu Line untuk ke Edo Wonderland.

Selanjutnya akan ditulis pula rute-rute perjalanan dengan transportasi umum ke lokasi-lokasi wisata di Jepang (Edo Wonderland, Gunung Fuji Kawaguchiko, Skiing di Gala Yuzawa, Miraikan Museum, Sensoji - Asakusa Kannon Temple, Harjuku, Tokyo Skytree, Don Quijote Asakusa Store, Jigokudani Monkey Park).

Video WelcomeToTokyo termasuk tentang perjalanan kereta Access Express ini dapat dilihat di YouTube di channel ToGet Direction


Selamat merencanakan liburan anda, semoga informasi ini berguna. Gbu 

#ToGet Direction team#

1 komentar:

  1. Kereta acces ekspres berangkat pertama dari asakusa ke narita jam berapa? Keburu tdk ngejar pesawat pk 8.30? Stasiun kesei akses ekspres jadi satu dgn stasiun metro subway? Transport lain dari asakusa ke narita utk penerbangan pk 8.20 pagi apa ya?

    BalasHapus